JUAL & PRODUKSI ALAT DRUMBAND ; MARCHING BAND BESERTA SERAGAM DAN BENDERA - PRODUSEN DRUMBAND DAN MARCHING BAND TERLENGKAP, TERMURAH , DAN TERPERCAYA | ALAMAT NGELO 02/19 SUKOHARJO NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA 55581 Telp ; 085747292294







MARCHING BAND

SEMI MARCHING BAND

DRUMBAND



Terima kasih atas kunjungannya di ATHAYA DRUMBAND

10 April 2012

Merancang Sebuah Unit Drum Band

Ada beberapa hal penting dalam membangun sabuah unit drum band.
  • Pertama adalah masalah perencanaanPerencanaan awal untuk sebuah unit drum band sangatlah penting. Karena tidak ada sekolah maupun instansi lain yang kegiatannya hanya seumur jagung saja. Maka, sangatlah penting untuk berembuk dengan berbagai pihak terkait. Misal untuk sekolah, harus berembuk dengan Komite sekolah, Orang tua para siswa tentang rencana sekolah unutk mengadakan kegiatan drum band.

    Tidak hanya itu, pihak sekolah hendaknya mengajak beberapa trenaga ahli atau mereka-mereka yang telah berkecimpung di dunia drum band atau marching band secara intesif. Maksudnya adalah untuk mengetahui masalah apa saja yang bakal munculdari adanya kegiatan drum band di sekolah, serta bagaimana mengatasi masalah tersebut.

    Tidak lupa juga untuk mencari informasi lainnya di sekolah-sekolah yang sudah ada kegiatan drum band sebagai bidang studi banding untuk mempersiapkan sekolah menghadapi kegiatan drum band. Dalam perencanaan ini pun juga harus dapat dipahami oleh semua pihak, bukan hanya pihak sekolah namun juga guru-guru, murid, komite, serta orang tua para murid untuk dapat memahami maksud dan tujuan diadakannya kegiatan drum band.

    Sebaiknya pula, sekolah selalu mengadakan konsultasi dengan orang-orang yang lebih dulu tahu tentang drum band secara mendetail dan jelas.
  • Kedua adalah PendanaanFaktor pendanaan adalah Kunci awal sebelum membangun sebuah unit drum band. Sebab berap pun besarnya dana yang dimiliki oleh sekolah sangat berpengaruh terhadap perkembangan drum band tersebut di masa mendatang.
Bila pihak sekolah atau instansi meninginkan adanya kegiatan drum band, maka mau tidak mau harus sudah siap dengan segala konsekuensi utamanya tentang masalh pendanaan.

Faktor penting yang harus diperhatikan dalam masalah pendanaan :
  1. Biaya Pengadaan Alat ;
  2. Biaya Pelatihan ;
  3. Biaya Pemeliharaan ;
  4. Biaya Penampilan ;
  5. Biaya Kelengkapan Unit ;
Semua ini harus dengan baik dalam bentuk progam perencanaan yang dibuat dalam bentuk RABS dan masalah ini tentunya harus dijelaskan dan diketahui oleh semua pihak terkait.
  •  Ketiga adalah PelatihanAdalah tidak mungkin bila sekolah sebagai lembaga yang mengadakan kegiatan drum band juga harus turut bertanggung jawab terhadap latihan drum band tersebut. Dalam hal ini sebaiknya melibatkan orang lain / pihak ketiga yang betul - betul menguasai teknik - teknik drum band secara benar dan betul, yakni seorang Pelatih. 

    Dalam hal latihan, pihak sekolah perlu memahami, bahwa keberhasilan penampilan sebuah unit drum band sangat ditentukan oleh banyaknya progam latihan yang dijalani oleh unit drum band tersebut. Boleh dikatakan bahwa kegiatan drum band 70% hanyalah untuk latihan...latihan...latihan. Sisanya mungkin untuk penampilan dalam berbagai event yang diikuti.

    Pihak sekolah dan pelatih hendaknya bersama sama menyusun progam latihan serta target yang ingin dicapai oleh unit tersebut, Juga bersama -sama menyusun progam event apa saja yang perlu diikuti. Tentunya dalam hal ini pihak sekolah harus selalu berkoordinasi dengan aparat setempat seperti : Disdik, Pemda, Ormas atau pihak swasta lainya yang biasa yang mengadakan kegiatan yang memungkinkan drum band bisa tampil.
  • Keempat adalah Pengadaan AlatPerlu kami tekankan di sini bahwa untuk pengadaan alat - alat drum band, hendaknya pihak sekolah selalu mencari informasi tentang alat - alat drum band dari orang - orang yang mengerti tentang drum band, atau paling tidak mencari informasi dari lembaga resmi drum band seperti PDBI, GPMB dan lain sebagainya.

    Sebaiknya pihak sekolah jangan cepat tergiur dengan penawaran yang cukup murah. membeli alat - alat drum band bagi sekolah adalah investasi, jadi yang harus diperhatikan tidak hanya segi harga tetapi juga kualitas dan mutu alat tersebut.

    Bila sekolah mampu dapat membeli alat dengan harga di atas 50 - 100 juta secara sekaligus, tetapi bila tidk dapat secara bertahap selama 3 tahun. Maka hal ini dapat diprogam dalam bentuk dalam perencanaan pembelian alat. Dalam hal pengadaan alat pun pihak sekolah perlu membuat perencanaan kembali tentang pergantian atau penambahan alat yang diperlukan sesuai dengan perkembangan drum band tersebut.
Yang perlu diperhatikan oleh sekolah adalah :
  1. Jenis dan Type dari alat drum band / marching band ;
  2. Mutu serta kualitas dari alat tersebut ;
  3. Kebutuhan yang diperlukan untuk sebuah unit ;
  4. Faktor pemeliharaan dan perawatan yang tidak sulit ;
  5. Saran atau tempat penyimpanan alat ;\
Perlu dipikirkan juga dalam pengadaan alat drum band, harus dapat bertahan untuk waktu yang cukup lama, minimal 5 tahun. Sehingga sebelum 5 tahun pihak sekolah hanya perlu melakukan penambahan alat saja yang dianggap perlu, sebelum akhirnya mengadakan pergantian alat yang baru kembali.

Hal ini perlu, karena perkembangan drum band dan marching band di indonesia maupun internasional sangat pesat sekali. Sehingga hampir setiap tahun selalu ada jenis alat baru yang dapat dimainkan dalam sebuah unit drum band.



source : shanny ratman, my/opera.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Post terkait ;

JUAL ALAT PERKUSI MARCHING BAND | ALAT PERKUSI DRUMBAND

Terima kasih atas kunjungannya di Athaya Drumband Yogyakarta. Usaha online Kami menyediakan berbagai macam produk alat drumband, marching b...

Entri Populer

Distributor Drumband Jogja

Jual alat-alat Marching Jogja

PABRIK PERALATAN DRUMBAND DI YOGYAKARTA